Sekilas Bahasa Pemograman Visual Basic

VB atau Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer, yang didalamnya terdapat perintah-perintah atau instruksi-instruksi yang dapat diterjemahkan perangkat komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

VB sebagai bahasa pemograman dapat menjadi sarana untuk menghasilkan program-program aplikasi dan sistem informasi berbasis windows.

Manfaat Visual Basic :
  1. Membuat program aplikasi berbasis Windows.Untuk membuat objek-objek pembantu seperti misalnya  Control ActiveX, File Help, aplikasi internet dan yang lainnya.
  2. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program executable (exe) yang bersifat dapat langsung dijalankan.
Stuktur Program Visual Basic

Aspek utama dalam membuat program yang harus diketahui oleh pemograman adalah struktur program. Program berjalan baik, jika memiliki struktur program yang benar. Demikian juga, jika membuat program dengan Visual Basic, harus mengetahui struktur program yang berlaku pada Visual Basic.

Struktur Program VB

1. Bagian deklarasi Program

Adalah bagian peletakan semua deklarasi data yang akan digunakan, seperti Dim, Private, Const, dan type.

a. Deklarasi Dim atau Dimension.

Dim atau Dimension adalah kata untuk mendeklarasikan Variabel yang akan digunakan dalam VB. Dim berlaku pada pemograman modul, program dan sub-program.

b. Deklarasi Publik

Publik adalah pernyataan yang menggantikan pernyataan global dalan VB, menyatakan semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara umum. Publik merupakan pernyataan level modul.

c. Deklarasi Private

Private adalah semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara khusus (private). Pernyataan private merupakan pernyataan level sub-program.

d. Deklarasi Statis

Static digunakan untuk suatu variabel atau nilai agar tepat atau tidak berubah, selama program dijalankan. Pernyataan statik merupakan pernyataan level sub-program.

e. Deklarasi Type

Type adalah bagian deklarasi untuk mendefenisiskan type data terdefenisi. Dimana type data ini dapat mengandung satu atau lebih dari suatu type data.

Type merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan type sering dipandu dengan pernyataan public atau private.


f. Deklarasi Const atau Constanta

Const atau constanta sering dipakai pada bagian deklarasi untuk memberi harga konstan pada suatu variabel. Const merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan const sering dipandu dengan pernyataan publik atau private.


2. Bagian Pernyataan Program

Adalah bagian yang ditulis pada jendela kode, jendela modul, jendela sub-program.

Tidak ada komentar: